Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Strategi marketing S3 McDonald's : memanfaatkan rasa fanatisme pada fans

Tangkapan layar ig : McDonaldsid

Baru-baru ini tanah air digemparkan oleh McDonald's, salah satu gerai penyedia makanan cepat saji ternama di seantero dunia. Hanya karena lauching sebuah produk baru, gerai McD yang tersebar diberbagai daerah dipadati oleh para driver ojek online, berjubel jelas. 

Menurut penuturan dari salah seorang ojek online, hampir dua jam lebih dia mengantri. Antusias dari warga sangat bisa terlihat, saking padatnya menyebabkan beberapa gerai terpaksa ditutup oleh satpol pp dikarenakan protokoler kesehatan. Padahal guna mengantisipasi kemungkinan terburuk, pihak dari McD hanya melayani pembelian secara online maupun drive thru. 

Yang menakjubkan, dimusim pandemi Covid-19 seperti sekarang entah kenapa tak menghalangi penjualan sepi dari pembeli. Dan justru launching produk dari mereka sangat dinanti. Walaupun ada pro-kontra, tapi strategi marketing yang mereka terapkan layak diberi acungan jempol. 

Hal ini bermula tepat di tanggal 21 April 2021, secara mengejutkan McD merilis foto bergambar kentang goreng yang menyerupai logo BTS melalui unggahan twitter. 

Sumber : beautynesia.id


Dari sini mungkin kalian sudah bisa menyimpulkan bahwasanya berkolaborasi dengan BTS merupakan salah satu alasan produk dari McD sangat laku dipasaran. Seperti yang sudah diketahui, boyband asal Korea ini sangat mempunyai banyak penggemar. Di Indonesia para fans BTS mendapatkan sebutan Army.

Mengusung nama menu BTS Meal, makanan terdiri dari 10 potong Mcnugget, kentang goreng, minuman cola, saus celup khusus sweet chili, dan cajun ( saus celup khas dari korea). Dan di Indonesia produk sudah diluncurkan mulai tanggal 9 juni 2021.

Kalau dipikir lebih dalam, sebenarnya menu yang ditawarkan tidak begitu spesial, isi dari paket BTS Meal masih berisikan produl lama namun dengan format yang berbeda.

Selain itu, ketika berkolaborasi dengan selebrity biasanya merchandise terkait sosok publik figur akan disertakan dalam produk guna menambah daya tarik, tapi lagi-lagi hal ini tidak berlaku. Pihak dari McDonald's bisa dikatakan hanya bermain simbol. 

Pada gambar desain produk maupun kemasan semisal, latar ungu dipakai karena identik dengan warna BTS. Sedangkan tagline yang digunakan untuk BTS Meal berbunyi "borahae," tentu hanya para army yang tentu akan mengerti maksud dari ungkapan tersebut. 

Tapi disinilah justru keuntungan dideroleh dari memilih konsumen secara tertarget, pihak dari McDonald's paham betul kepada siapa produk yang akan mereka tawarkan. Walaupun mempunyai segmentasi pasar tersendiri, tapi pasar yang dipilih berisikan para fans yang mempunyai loyalitas tinggi terhadap sang idola. 

Apapun yang ditunjukkan oleh para member BTS, para fans tentu akan mengikuti karena sebuah rasa fanatisme. Bahkan saking fanatiknya, di berbagai media sosial banyak para fans memajang foto berisi kerajinan tangan hasil dari pemanfaatan wadah bekas paket BTS Meal. Duh dek!

Posting Komentar untuk "Strategi marketing S3 McDonald's : memanfaatkan rasa fanatisme pada fans "