Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep dan cara membuat waffle yang renyah dari rumah


Makanan manis bertekstur renyah siapa juga yang tidak suka?. 

Sebagai camilan, kue Waffle sekarang banyak dijual diberbagai tempat. Walaupun bukan makanan domestik, tapi sangat dinikmati oleh berbagai kalangan. 

"Tapi apa kalian tahu Waffle berasal dari Negara Inggris?."

Walaupun sudah lama hadir di Indonesia, namun yang sering kita lihat justru wafle hanya mengisi kaleng-kaleng biskuit dan beberapa digunakan sebagai wadah cetakan pada ice cream. 

Tapi semakin berkembangnya zaman, Waffle sering diadaptasi menjadi makanan kekinian. Berbagai varian toping tersaji, yang paling populer mungkin extra ice cream vanila diatasnya. Sensasi renyah dan dinginnya ice cream pada tiap gigitan membuat siapapun menelan ludah. Di Caffe-caffe kekinian sudah banyak menyediakan menu yang satu ini. 

Karena banyak peminat, kue waffle juga bisa dijadikan sebagai peluang bisnis menjanjikan di bidang kuliner. 

Terlepas dari fakta hanya dijadikan sebagai camilan, kue Waffle sangat cocok dimakan disegala kondisi karena ringan diperut. Terlebih untuk sekedar menikmati senja, didampingi secangkir kopi hidup akan terasa lebih manis. Dih lebay!.  


Untuk membuatnya terbilang mudah, tapi yang biasa menjadi kendala, cetakan adonan seringkali tidak dipunya. Beruntung sekarang banyak marketplace hadir, berbagai peralatan dapur sudah disediakan oleh para pelapak. Kalian tinggal pilih sesuai selera dan tentu jangan lupa sesuaikan dengan badget kantong masing-masing.  

Bagi yang ingin mencoba, berikut kami cantumkan resep dan cara membuatnya :

- Resep
  • Tepung terigu (berpotein rendah) 1/2 kg 
  • Baking powder 2 1/2 sdt
  • Gula pasir 6 sdm
  • Metega 60 gram
  • Susu cair 750 ml
  • Telur ayam 4 butir
  • Garam 1 sdt 
  • Vanili 1sdt
  • Toping sesuai selera (coklat,keju,madu,ice cream,dll)
- Cara membuat
  1. Persiapkan peralatan terlebih dahulu, seperti cetakan, baskom, kocokan ataupun mixer. Usahakan peralatan bersih namun tidak meninggalkan bau sabun. 
  2. Ayak bahan-bahan kering seperti tepung, gula pasir, vanili, baking powder dan garam. Aduk dan hingga tercampur merata. Tujuannya tentu agar tidak menggumpal saat tercampur dengan bahan cair. 
  3. Lelehkan metega, kalian bisa menggunakan wajan sebagai media. Setelah mencair tunggu hingga suhu menurun (berubah hangat).
  4. Pisahkan kuning telur dan putih telur. agar adonan ketika dicetak menjadi renyah, campurkan kuning telur dengan metega yang telah dicairkan. Sedangkan untuk putih telur campurkan dengan gula, aduk sebentar hingga mengental. 
  5. Masukkan bahan-bahan kering (tepung, baking powder, vanili, garan)  secara perlahan kedalam kuning telur yang sudah dipersiapkan. Aduk merata.
  6. Setelah tercampur, masukkan putih telur yang telah mengental. Kembali aduk hingga merata. Setelah selesai, diamkan selama 15-30 menit.
  7. Langkah terakhir adonan tinggal dicetak. Panaskan teflon terlebih dahulu dan jangan lupa oleskan metega diatasnya agar tidak lengket ketika saling bersentuhan. Setelah adonan berubah warna menjadi kecoklatan, Waffle siap untuk disajikan. Agar lebih menggugah selera, toping yang sudah kalian pilih bisa dioleskan diatasnya. 


Posting Komentar untuk "Resep dan cara membuat waffle yang renyah dari rumah"