Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat dan resep cara meracik susu kurma


Bingung menentukan menu makanan sehat untuk keluarga?. 

Kebanyakan orang di Indonesia terutama di bulan Ramadhan cenderung lebih memilih makanan berat untuk dikonsumsi, tujuannya tentu agar disiang hari rasa lapar tidak menyerang. Sepiring penuh nasi ditambah lauk pauk sering dijadikan sebagai amunisi ketika sahur. 

Walaupun harus bangun lebih awal untuk menyiapkan makanan kepada keluarga, seorang ibu rumah tangga tentu tidak akan merasa keberatan. Serepot apapun proses pembuatannya bukan sebuah permasalahan, bahkan saking baiknya terkadang sang buah hati disuruh untuk menambah porsi makan.

Tapi sebenarnya kalau dipikir, ketika mengkonsumsi terlalu banyak karbohidrat saat sahur disiang hari entah kenapa badan akan terasa malas untuk menjalankan aktifitas. Perut mungkin masih belum menunjukkan tanda-tanda lapar namun mata berkata lain. Rasa kantuk justru menyerang di siang hari, kasur terlintas menggoda untuk dijumpai. Efeknya ketika bulan Ramadhan usai seringkali berat badan mengalami pengingkatan. 

Maka dari itu sebuah alternatif makanan pengganti harus dicari, tidak hanya bersifat mengenyangkan, menyeimbangkan gizi juga perlu dipikirkan. Selain itu jika dapat membantu meringankan beban dari seorang ibu rumah tangga justru menjadi sebuah nilai tambah. 

Tangkapan layar Ig : yasmeensaeed73


Bagaimana kalau kami sarankan mengkonsumsi susu kurma disaat sahur?. 

Alasannya tentu karena selain mudah dibuat, berbagai manfaat akan banyak diterima oleh tubuh ketika rutin mengkonsumsi. Seperti :

1. Membantu menyehatkan mata
Buah kurma banyak sekali mengandung vitmain A dan B, yang dimana fungsinya dapat menjaga kelembapan mata. Sehingga mata menjadi sehat dan dapat mengurangi resiko terserang kebutaan. 

2. Menjaga kesehatan jantung
Apa kalian tahu bahwasanya susu kurma kaya akan kalium?, apabila mengkonsumsi secara rutin dapat membantu mengurangi tekanan darah. Tidak hanya itu, serat didalamnya tak kalah banyak sehingga turut menjaga kesehatan jantung dalam jangka panjang. 

3. Menurunkan resiko kanker
Mengkonsumsi susu kurma juga dapat mengurangi resiko terkena kanker, pasalnya didalamnya terdapat antioksidan alami, kaya akan magnesium, fosfor serta kalsium. Dengan adanya kombinasi dari nutrisi tersebut sangat membantu tubuh dalam mengurangi resiko terkena kanker. 

4. Menurunkan resiko penyumbatan arteri
Apabila tubuh terhindar dari penyumbatan arteri resiko terserang penyakit jantung dan stroke dapat dicegah. Dengan tubuh yang sehat tentu dapat meningkatkan kwalitas hidup seseorang. 

5. Menjaga kekebalan tubuh
Mengkonsumsi susu kurma secara rutin dapat menyelamatkan organ hati dari ancaman racun, selain itu buah kurma sendiri dapat berperan sebagai agen antivirus, antibakteri, anti jamur. Tubuh akan sehat karena terhidar dari berbagai penyakit. 

6. Meningkatkan produksi asi
Bagi seorang ibu hamil mengkonsumsi susu kurma dapat meningkatkan produksi asi. Karena kandungan treonin dan gliserin dalam kurma berperan penting dalam memproduksi asi. 


Setelah mengetahui manfaat dari mengkonsumsi susu kurma, berikut kami cantumkan resep dan cara meracik buah kurma agar menjadi minuman yang segar dan menyehatkan :

1. Bahan baku :
- 12 butir buah kurma (usahakan yang jenis khalas) 
- 1 sdm madu
- 100 ml air 
- 200 ml susu (UHT plain, fullcream, susu sapi segar) 
- es batu secukupnya

2. Cara meracik
- rendam kurma kedalam wadah berisi air selama 10-15 menit
- jika sudah lunak atau empuk, kupas kulit kurma
- masukkan kurma kedalam blender beserta bahan baku lainnya
- setelah dirasa sudah tercampur halus tuang ke dalam gelas dan siap untuk dinikmati

Mudah bukan? Selamat mencoba. 

Posting Komentar untuk "Manfaat dan resep cara meracik susu kurma"