Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep membuat leker menggunakan teflon dirumah, dijamin renyah manis dan gurih

Semasa kecil saat masih duduk dibangku sekolah dasar saya gemar sekali jajan kue leker. Apabila jam istirahat berbunyi secara reflek kami akan berlari menyerbu si pedagang didepan sekolah. 

Kalau tidak salah perbiji kue leker mempunyai harga 500 perak dulu. Adapun varian rasa coklat, pisang, selai strawbery, kacang sudah cukup memuaskan lidah.

Tekstur manis dan krispy dari kue leker sendiri menjadi alasan saya begitu menyukai. Selain menikmati rasa, saat membeli saya terpana dengan cara memasaknya. Dengan piawai si pedagang menuangkan adonan lekker kedalam cetakan loyang berputar. 

Sebagai seorang anak kecil pertunjukan sesederhana itu tentu sudah cukup membuat saya merasa terhibur. 

Namun kini setelah dewasa perkembangan kue leker semakin beraneka ragam. Dari mulai varian toping dan ukuran mengalami peningkatan. Sekedar info, melansir dari berbagai artikel di media online, kota Solo banyak dikatakan sebagai daerah pencetus jajanan tersebut. 

Disaat jaman penjajahan pancake merupakan salah satu kuliner dari negri Belanda. Mungkin karena tidak bisa menikmati pancake sebebas mereka (orang belanda) pada akhirnya atas dasar rasa penasaran masyarakat pribumi mencoba membuat dengan versi berbeda.

Namun ditengah masa penjajahan keadaan ekonomi sangatlah memprihatinkan. Agar menghemat pengeluaran versi pancake tipis terpaksa dikeluarkan oleh orang Solo. Sedangkan nama leker sendiri didapat tak kala orang belanda mencicipi. Setelah menggigit untuk pertama kali reflek orang belanda mengatakan lekker!! (enak). Begitu. 

Tapi beruntungnya sekarang tak sesulit dulu untuk sekedar mencicipi leker, menggunakan teflon dirumah saya sudah bisa membuat sendiri. Kalian mau mencoba?. 

Berikut saya cantumkan resep dan cara memasak leker menggunakan teflon dirumah :

Bahan - bahan : 

  • 150 ml air
  •  8 Sdm tepung beras
  •  6 Sdm gula pasir
  •  2 SdmTepung terigu
  •  2 Sdm tepung maizena
  •  1 butir telur
  •  1/2 Sdt vanila
  •  1/2 Sdt soda kue
  •  Susu kental manis secukupmnya
  •  Topping sesuai selera (coklat, keju, dll)
Cara memasak :

Pertama, campurkan seluruh bahan adonan terkecuali susu dan toping kedalam wadah yang telah kalian siapkan. Aduk merata hingga tidak ada gumpalan. Untuk alatnya spatula atau whisk bisa kalian pilih. Diamkan sejenak selama 30 menit. 

Kedua, panaskan teflon dengan api kecil. Usahakan teflon jangan terlalu panas agar kulit dari lekker tidak gosong dan keras. Namun sebaliknya jika terlalu dingin justru kulit dari lekker sendiri akan lembek dan terlihat pucat. Pertama kali gagal dalam mencoba jangan terlalu diambil pusing.

Ketiga, ambil adonan menggunakan sendok sayur dan tuangkan kedalam teflon. Usahakan pelan dan tepat ditengah-tengah. Ratakan adonan memenuhi teflon. Tunggu hingga kulit berubah warna menjadi kecoklatan. 

Keempat, jika dirasa adonan sudah matang sempurna taburkan toping keatasnya dan jangan sampai ketinggalan tuangkan susu. 

Kelima, lipat lekker dan makanan sudah siap untuk disajikan. 

Mudah bukan?. 

Posting Komentar untuk "Resep membuat leker menggunakan teflon dirumah, dijamin renyah manis dan gurih"