Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep ayam goreng kfc renyah ala rumahan

Resep ayam goreng kentucky tentu sangat disukai oleh tiap orang, di Indonesia sendiri tekstur krispy pada ayam seringkali dijadikan sebagai lauk pendamping nasi. 

Dalam menikmati, jujur saya lebih suka mencampur ayam dengan sambal diatasnya. Walaupun pernah menderita usus buntu sekedar menghindari godaan terasa susah. Terlebih didampingi es teh kampul sebagai penyegar, kepuasan batin pasti saya dapat. 

Dan tidak bisa dipungkiri seiring perkembangan zaman ayam goreng kentucky seringkali dijadikan sebagai adabtasi inspirasi menu untuk olahan makanan baru. Sebuat saja ayam geprek, chicken steak maupun crisbar (crispy bakar). Diberbagai tempat sangat mudah dujumpai pedagang yang menjual. Dalam aplikasi gojek dan grab semisal, menu ayam goreng pada tiap tahun selalu menempati urutan makanan terlaris. 

Namun tanpa adanya Kolonel Harland Sanders semua menu diatas tidak akan pernah ada. Kehadiran KFC memberikan warna tersendiri bagi dunia kuliner, tak salah apabila para pedagang fried chicken menjadikannya sebagai kiblat. Andai tidak ada, saya dan kalian mungkin hanya bisa menikmati ayam goreng konvensional. 

Bisa juga dikatakan resep yang beliau buat sangat menginspirasi. Saling berlomba-lomba untuk menduplikat resep serupa bahkan dilakukan oleh kebanyakan orang, entah untuk dikonsumsi sendiri maupun dijual kembali. 

Termasuk saya, pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membagikan resep ayam goreng kfc super renyah ala rumahan. Siapa tahu kalian bisa mengaplikasikannya lebih baik dibandingkan saya sendiri dan dapat dimanfaatkan dengan maksimal. 

- Bahan baku utama :

  1. 1/2 kg daging ayam potong sesuai bagian (sayap, dada, paha, dll) 
  2. 1/2 kg tepung terigu
  3. 1/4 kg tepung maizena
  4. 3 siung bawang putih 
  5. 1 buah jeruk nipis (untuk merendam ayam) 
  6. Lada bubuk 1 sdt
  7. 1/2 sdt garam
  8. Minyak goreng
  9. Bubuk cabai (opsional) 
  10. Telur ayam 1 buah
  11. Penyedap rasa kaldu ayam

- Cara membuat :

1. Langkah pertama, potongan ayam beri perasan jeruk nipis. Baluri rata dan diamkan selama 15-30 menit.

2. Sambil menunggu buat 2 adonan terpisah
  • Adonan basah : campur 150 gr tepung terigu dengan 150 ml air, 20 gr tepung maizena, 1/4 sdt baking soda, 1/4 sdt garam, 1/4 sdt lada bubuk, 1/4 kocokan telur, air secukupnya (jangan terlalu kental/cair)
  • Adonan kering : campur 200 gr tepung terigu, 50gr tepung maizena, 1/4 sdt baking soda, 1/2 sdt kaldu ayam, 1/2 sdt ulekan/serbuk bawang putih, tak ketinggalan taburkan bubuk cabai sesuai selera
3. Jika persiapan dirasa sudah lengkap langkah terakhir masukkan potongan ayam satu persatu dengan tahapan
  •   Kocokan telur
  •   Adonan basah
  •   Adonan kering
Catatan : dalam menaburi dengan adonan kering usahakan tepung jangan terlalu tebal agar tekstur krispi didapat. Dan diamkan sebentar agar bumbu dapat meresap. 

4. Goreng ayam dengan api sedang agar matang sempurna sampai dalam. Usahakan untuk tidak sering membolak-balik ayam agar tekstur tidak pecah. Setelah warna berubah coklat keemasan silahlan angkat dan siap untuk disajikan. Salam rasa. 


Posting Komentar untuk "Resep ayam goreng kfc renyah ala rumahan"