Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Peluang bisnis kuliner di bulan ramadhan 2021


Bulan Ramadhan tahun 2021 tak terasa sebentar lagi akan hadir. Dimana umat islam tentu akan bersuka cita dalam menyambutnya. Bahkan bagi pemeluk agama lain bulan Ramadhan juga memberikan berkah tersendiri. 

Namun apakah kalian berani menangkap peluang bisnis kuliner dibulan ramadhan? 

Tidak bisa dipungkiri di Indonesia yang mayoritas beragama islam pada saat bulan ramadhan pola pengeluaran mengalami perubahan karena adanya aktifitas berpuasa. Dimana pada siang hari menahan diri untuk tidak berbelanja makanan dilakukan. 

Sedangkan bagi para pedagang kuliner, menjelang berbuka puasa lonjakan penjualan dialami. Bisa dikatakan masyarakat justru cenderung lebih konsumtif pada saat itu. 

Nah dari sini apakah kalian sudah terbayang ingin membuka bisnis kuliner apa?. 

Kalau menurut orang tua, "dodolan opo ae pas poso genah payune." Terlebih berjualan di waktu sore sampai malam menjelang sahur. Tempat sepi pembeli dirasa mustahil, alasannya tentu karena umat muslim ingin lebih fokus dalam beribadah sehingga untuk memenuhi kebutuhan perut membeli makanan diluar dirasa lebih praktis. 

Sore hari ketika melakukan ngabuburit, di jalan-jalan strategis juga akan terlihat para pedagang musiman memadati area. Mereka menyajikan berbagaii ta'jil untuk menemani waktu kalian berbuka puasa. Tidak ada salahnya turut serta mencari nafkah di tengah bulan ramadhan. 

Nah adapun peluang bisnis kuliner yang menjanjikan di bulan ramadhan adalah sebagi berikut :

1. Menjual buah seperti semangka, melon, blewah, kurma.

Menahan minum seharian tentu rasa dahaga muncul, masyarakat Indonesia sering menjadikan es buah sebagai penyegar kerongkongan disaat berbuka puasa. Selain untuk dikonsumsi pribadi akan banyak penjual minuman yang membutuhkan bahan baku dari buah tersebut. Sehingga peluang bisnis terbuka lebar. 

Saya sendiri pernah bekerja dengan orang penjual buah, saat bulan ramadhan omset meningkat 3x lipat. Sungguh menggiurkan memang. 

2. Catering nasi kotak
Bulan ramadhan sering dijadikan sebagai ajang untuk berkumpul bersama saat berbuka puasa, sekedar nostalgia dengan teman sejawat sering dilakukan di rumah makan.

Tapi dimasa pandemi covid-19 seperti sekarang akan sangat mustahil, pembatasan jumlah mengakibatkan tempat berkumpul bergeser. Maka dari itu bisnis catering nasi dus akan sangat dicari. 

3. Es buah aquarium
Rasa lapar biasanya orang bisa menahan, tapi dahaga sangat susah sekali untuk dilawan. Ketika bedug Maqrib terdengar, minuman dingin akan langsung diprioritaskan pertama untuk dipilih. 

Jadi tidak bisa dipungkiri penjualan minuman dingin akan meningkat pesat. 3 tahun kebelakang, es buah aquarium lebih mendominasi. Karena mudah diproduksi dan sangat menyegarkan tak salah jika kalian coba untuk menjual. 

Sekarang banyak sekali toko aneka bahan kue menjual bubuk minuman tersebut. Ditambah dengan potongan buah jelas membuat banyak orang tertarik. Kalian tidak perlu ragu. 

4. Jajanan tenongan
Selain kebiasaan mengkonsumsi minuman dingin terlebih dahulu, saat berbuka puasa biasanya orang-orang lebih suka makan-makanan ringan. Tujuannya tentu agar saat melakukan sholat tarawih perut tidak merasa begah dan aktifitas beribadah dapat berjalan lancar.

Disinilah peran jajanan pasar atau sering disebut tenongan dibutuhkan, selain karena fungsi harga terjangkau menjadi salah satu penyebab masyarakat banyak memburunya ketika ngabuburit.

5. Snak kiloan
Disaat lebaran berkumpul bersama keluarga menjadi agenda wajib. Selain itu tak jarang rumah kedatangan tamu, di ruang tamu sendiri seringkali terdapat toples-toples berisi berbagai makanan ringan diatas meja. 

Maka dari itu tak jarang masyarakat memborong snak-snak kiloan untuk persiapan lebaran. 

Menurut seorang teman yang bekerja di toko snak, pada saat bulan ramadhan dia akan lebih sibuk. Dan dapat disimpulkan sendiri, usaha kuliner snak kiloan sangat menjanjikan. 

6. Parcel ramadhan
Seperti halnya snak kiloan, pada saat berkunjung ke rumah saudara dimasa lebaran bingkisan tangan tak boleh terlewatkan. 

Jasa penyedia parcel makanan akan sangat dibutuhkan oleh kebanyakan orang saat itu. Walaupun hanya berisikan buah-buahan, sirup, gula maupun teh celup laba yang didapat bisa berlipat jika dikemas menjadi parcel. Melalui kreatifitas nilai lebih dari sebuah produk kuliner akan tercipta.   

7. Kolak pisang
Menjual kolak pisang kenapa tidak? Kalian tahu sendiri, diluar bulan ramadhan kuliner yang satu ini sangat sulit sekali untuk didapat karena seringkali hanya bisa dijumpai saat puasa. 

Tanpa perlu susah payah, para penjual kuliner kolak pisang akan diburu oleh masyarakat yang rindu untuk mencicipi. Kenapa manis dari peluang tersebut tidak kalian ambil?. Begitu. 




Posting Komentar untuk "7 Peluang bisnis kuliner di bulan ramadhan 2021"