Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 strategi promosi bisnis kuliner di bulan ramadhan

Menyambung artikel sebelumnya tentang 7 peluang bisnis kuliner di bulan ramadhan, setelah mempertimbangkan jenis usaha yang dipilih agar mendapatkan laba tentu optimasi haruslah dilakukan. 

Sekedar menggelar lapak dagangan tanpa adanya sebuah sistem marketing dirasa kurang bergitu maksimal. Jangankan laba, kerugian justru didapat karena munculnya banyak pesaing seperti halnya pedagang musiman. 

Bahkan yang lebih menjengkelkan mereka mempunyai produk serupa dengan kalian. Terlebih ketika harga di pasaran turut dirusak, perasaan geram pasti tidak bisa dipungkiri menyelip dalam hati.

Namun tak etis apabila di bulan ramadhan memendam rasa amarah. Maka dari itu untuk meningkatkan omset penjualan promosi perlu diadakan guna menarik hati para pelanggan agar tidak berpaling menuju kompetitor. 

Dengan adanya promosi, selain mendongkrak penjualan akun di media sosial bisnis kuliner kalian akan mendapatkan tambahan banyak pengikut. Kesadaraan dari manfaat sebuah produk pada akhirnya bisa tertanam di masyarakat, dimana kalian hadir untuk mereka. 

Kegiatan promosi juga dapat mendekatkan antara pemilik bisnis dengan para konsumen dimedia sosial.


Jika sudah mengetahui apa saja manfaatnya, langsung saja berikut kami berikan refrensi promosi bisnis kuliner di bulan ramadhan :

1. Memberikan give away

Tidak ada salahnya memberikan give away kepada para pelanggan loyal. Melalui akun IG bisnis, kalian bisa memberikan pengumuman give away voucher diskon, merchandise maupun uang tunai. 

Tapi apa tidak malah rugi? 

Memberikan hadiah bisa diibaratkan sebagai pancingan. Dalam prosesnya tentu tidak diberikan dengan asal. Bagi calon penerima persyaratan wajib dipatuhi. Seperti halnya harus membagikan postingan maupun tag ke 5 teman di instagram. 

2. Mengadakan kompetisi 

Semakin produk kalian banyak dijadikan bahan konten semakin meningkat pula nilai kepercayaannya di masyarakat. Adapun macam-macam lomba seperti, foto produk, review artikel di blog, membuat konten video tiktok bisa diaplikasikan.

Dukungan dari para peserta lomba secara tidak langsung juga turut membantu penyebaran informasi terkait sebuah brand kuliner. Akan lebih efektif jika promosi dilakukan oleh banyak orang bukan?. 

3. Melalui aplikasi gojek dan grab

Di bulan suci ramadhan tingkat keimanan seseorang selalu mengalami peningkatan, bisa dilihat dengan banyaknya kegiatan berbagi sesama. 

Nah pada momen tersebut bisa dijadikan sebagai peluang untuk menaikkan omset penjualan. Di aplikasi resto grab maupun gojek kalian buat daftar menu "traktir driver" yang dimana dikususkan untuk berbagi kepada sang driver. 

Kesempatan sedekah di bulan ramadhan tentu akan menarik hari masyarakat muslim di Indonesia. 

4. Gratis takjil

Menjelang waktu berbuka puasa merupakan momen paling ramainya pembeli. Tak jarang antrian memadati tempat kasir, agar pelanggan merasa tidak terburu-buru memberikan takjil dirasa bijak. Toh jika adzan maqrib berkumandang pesanan belum siap mereka bisa membatalkan puasanya terlebih dahulu. 

Jadi untuk para konsumen mereka tidak akan ragu datang kembali, karena secara tidak langsung mereka merasa diperhatikan. 

5. Mengadakan kuis di medsos

Hampir mirip seperti give away, namun caranya sedikit berbeda, para followers diwajibkan menjawab pertanyaan yang diberikan. Dari berbagai peserta para pemilik bisnis kuliner bisa memilih pemenang. 

Jika diadakan secara rutin, seminggu sekali semisal. Pelanggan tentu akan antusias menanti-nanti kesempatan untuk mendapatkan giliran memenangkan hadiah. Dan tanpa disadari pada akhirnya mereka akan menjadi pelanggan loyal. 

6. Buat list kontak

Setelah konsumen melakukan pemesanan, ijin menyimpan nomor hp mereka juga bisa diterapkan. Tujuannya tentu untuk memberikan informasi langsung kepada konsumen terkait bisnis kuliner yang dijalankan. 

Memberitahukan buka tidaknya outlet pada hari itu, adanya promosi diskon, maupun bisa dijadikan sebagai sarana bagi konsumen untuk memesan makanan terlebih dahulu sebelum datang. 

Tapi ingat! Jangan disalah gunakan, mentang-mentang customer cantik eh malah didekati. 

Ya sudah cukup segitu, dengan sederet informasi terkait contoh promosi diatas diharap dapat memberikan manfaat bagi para pelaku bisnis kuliner. Tapi alangkah baiknya jika kita bisa saling berbagi pengetahuan. 

Mungkin dari kalian ada yang mau menambahi seputar tips promosi dibulan ramadhan?. Cantumkan pada kolom komentar dibawah untuk kita melangkah bersama. Salam rasa. 

3 komentar untuk "6 strategi promosi bisnis kuliner di bulan ramadhan"

  1. Tips yang bermanpangat lah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Terimakasih kak atas kunjungannya. Mungkin ada yang mau ditambahi agar lebih bermanfaat?

      Hapus