Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips membangun bisnis kuliner sukses dari kartun spongebob

Pernah berkunjung ke restaurant bawah laut?. Bagaimana kalau dengan mendapatkan pelayanan dari seekor gurita atau dimasakkkan burger oleh sebuah busa pencuci piring?. Terasa tidak masuk akal bukan?.

Tapi asal kalian tahu, pengalaman tersebut hanya bisa didapat ketika berkunjung ke Krusty Krabb. Sangat absurd memang, bagaimana juga ada restaurant dibawah laut. 

Yah namanya juga kartun, didalam film kita akan digiring untuk berimajinasi tentang berbagai aktifitas binatang laut. Dari mulai lobster yang suka nge-gym sampai ada tupai yang menjadi seorang peneliti aquatic, sungguh liar ide dari sang pembuat. 

Dan boleh dibilang semasa kecil kartun Spongebobs squarepants sendiri termasuk salah satu film favorite bagi saya, hampir tiap hari bersama keluarga dirumah saya tidak akan pernah ketinggalan. Alur cerita dalam film selalu memberikan dampak keceriaan, saya rasa Stephen hillenburg selakus pencipta sungguh piawai dalam menyajikan kisah. 

Bahkan tak jarang rasa jengkel juga diselipkan kepada para penonton, melalui akting dari tokoh Mr. Krab selaku pemilik restaurant tempat spongebob bekerja penonton seringkali dibuat gemas. Sifat kikir yang dimiliki membuat saya menyadari betapa kerasnya dunia kerja.  

Kalian mungkin juga pernah berpikiran kok bisa-bisanya ada yang betah bekerja disana?. Selain pelit bahkan Mr. Krab tanpa segan mengakali para pegawai agar dapat memberikan upah murah. Didunia nyata mendapati bos seperti itu pastilah tingkat stress yang dialami sangat tinggi. Memutuskan keluar untuk mendapatkan pekerjaan lain bukan mustahil dipilih.

Sourced : wikipedia

Apa kalian menyadari kalau kartun spongebobs merupakan bentuk satir terhadap kaum-kaum kapitalis? Bisa jadi.

Namun untuk kali ini saya tidak akan berkisah tentang alur cerita film maupun teori konspirasi, melainkan saya mencoba mengambil sisi positif terkait ilmu bisnis kuliner dari Mr. Krab selaku owner restaurant "the krusty krab."

Di kota Bikini bottom sendiri bisa dibilang restaurant yang dimilikinya menjadi salah satu tempat makan favorite. Dengan produk andalan krabby patty setiap hari pembeli memadati antrian. Pelanggan tetap bahkan banyak dimiliki, sampai-sampai kepopulerannya dapat membuat Plankton selaku kompetitor seringkali merasa iri. Berbagai upaya dilakukan agar restauran chumbucket miliknya tidak kalah saing. 

Maka dari itu apa sih yang perlu dicontoh dari Mr. Krab dalam mengelola bisnis kuliner sehingga bisa sukses seperti yang tergambar di film  :

1. Menjadi yang pertama

Kita tahu sendiri, Krabby patty merupakan hasil ciptaan dari Mr. Krabb. Di bikini bottom produk tersebut pertama kali diperkenalkan olehnya. Sehingga branding kuat dimiliki, nempuyai resep dan produk berbeda dari tempat lain membuat restaurannya selalu dilirik oleh pelanggan. Karena jika ingin memakan krabby patty hanya tersedia di 'The krusty krabb." 

Walaupun kompetitor menggunakan cara ATM (amati tiru modifikasi) yang pertama akan selalu mengenang dihati. Perya dah. 

2. Mengatur keuangan

Didunia bisnis sifat pelit dari Mr. Krabb justru dapat berguna untuk mengelola keuangan. Dengan menekan pengeluaran sekecil mungkin dapat mendongkrak laba bagi resaturant. Selain itu kalian pasti masih ingat dengan adegan dimana Mr. Krab seringkali merasa panik jika mengeluarkan uang, sekecil apapun nilai yang dimiliki kalau tidak mendesak tidak akan digunakannya. 

Dan patut di contoh, jangan mentang-mentang mendapatkan laba dari hasil jualan maka dengan seenaknya kalian dapat menghamburkan. Miliki tabungan yang banyak untuk berjaga-jaga ketika kelak terjadi sesuatu. 

3. Pintar melihat peluang

Masih ingat episode mesin mainan pencapit boneka dimana squirdword dibuatnya kesal. Saya sempat kaget, karena tak menyangka Mr. Krab mau mengeluarkan uangnya untuk membeli. 


Namun setelah diamati ternyata ada maksud dibaliknya, dengan mendatangkan mesin mainan laba dari restaurant akan bertambah seiring orang mencoba. Hal tersebut terinspirasi ketika melihat banyaknya pelanggan membawa anak-anak.

Sehingga dapat diambil hikmah jangan pernah ragu-ragu untuk segera mengeluarkan uang ketika mendapati Peluang bisnis. Berinvestasi diawal akan mendatangkan laba dikemudian hari.  

4. Menjaga ketat rahasia perusahaan

Untuk meniru konsep bisnis kuliner semua orang mungkin bisa melakukan. Tapi dalam uurusan rasa tentu akan berbeda pada tiap tempat. Seperti halnya di Krusty krabb, resep yang dimiliki oleh tuan krabb selalu dijaga dan dirahasiakan dengan ketat. Sampai-sampai para kompetitor seperti plankton selalu tidak berhasil dalam mencuri formula rahasia. 

Kalian boleh merasa bangga terhadap pencapaian yang telah didapat, memberikan ilmu terkait bisnis kuliner juga sangat disarankan untuk dibagikan. Tapi jangan sampai rahasia perusahaan bocor. Begitu. 

5. Berinovasi

Saya sempat tertawa ketika menyaksikan episode menambahkan varian terbaru krabby patty dengan ektra topping selai ubur-ubur. Karena mendapat respon baik oleh pelanggan, tuan krab langsung menyuruh anak buahnya untuk mencari bahan baku. Dan topping baru tersebut dimasukkannya kedalam menu baru restaurant. 

Jika dirasa pasar mulai jenuh dan penjualan menurun melakukan invoasi produk bisa kalian contoh. 

6. Mencintai keluarga

Sepelit apapun Mr. Krab, beliau tidak juga ragu dalam mengeluarkan uang untuk sang buah hati. Dimana diceritakan spongebob diminta untuk membelikan berbagai kado ulang tahun agar sang anak merasa bahagia.

Dan tentu untuk siapa kita bekerja keras jika bukan demi keluarga?. 

Posting Komentar untuk "Tips membangun bisnis kuliner sukses dari kartun spongebob "