Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Punya ide bisnis kuliner menjanjikan di tahun 2021? Yakin bakal laris?

Ditahun 2021 menurut kalian bisnis kuliner apa yang menarik untuk dijalankan, terlebih lagi mempunyai prospek menjanjikan?.

Dimasa pandemi covid-19 memang masih ada bisnis yang memiliki peluang berkembang?. 

Gelisah sudah wajar terjadi apabila melihat kondisi disekitar, banyak sekali pedagang mengeluh terkait penurunan pendapatan. Daya beli masyarakat berkurang diakibatkan berbagai alasan, selain itu keterbatasan gerak seringkali menghambat pedagang dalam beraktifitas.

Sebut saja PSBB, teruntuk pedagang kuliner malam jelas peraturan daerah tersebut sangatlah menyiksa. Bagaimana tidak? Mereka buka mulai dari jam empat sore dan disarankan tutup pada jam sembilan malam?. Mereka dapat apa? Dapat hikmahnya doang?. 

Jadi apakah tidak disarankan mulai merintis bisnis kuliner di tahun 2021?. 

Tentu saja tidak juga! , setiap bisnis pastilah mempunyai resiko. Jika terlalu mengandai-ngandai diawal rasa kecewa akan didapat jika harapan tidak sesuai dengan ekspektasi. Untuk sekarang berfikir realistis dirasa lebih baik, tidak gegabah dalam mengambil keputusan merupakan kunci bertahannya sebuah bisnis. Sebelum mulai merintis bisnis kuliner di masa pandemi covid-19 apa saja yang harus diperhatikan?.

1. Modal usaha

Dengan uang berapapun asal kalian jeli menangkap peluang maka keuntungan akan didapat, jangan memaksakan untuk terlihat sukses. Terlebih dengan cara berhutang, akibatnya tentu sangat fatal. Dalam merintis usaha istilah babat alas tidak boleh kalian hiraukan, karena dalam fase tersebut kalian masih ditahap pengenalan produk. Laba belum maksimal, menanggung beban biaya hidup ditambah mencicil hutang tidak boleh dianggap enteng. 

2. Resiko tidak terlalu besar

Teruntuk beban biaya operasional dan bahan baku, jika baru memulai membuka bisnis kuliner dagangan selalu habis terjual dirasa mustahil. Naik-turun sebuah pendapatan harus siap kalian alami, meminimalisir resiko wajib diambil agar tidak mengalami kerugian besar. Caranya dengan memilih produk yang mempunyai daha tahan lama atau tidak cepat basi. 

3. Produk dikenal dan dibutuhkan banyak orang

Mempunyai segmentasi pasar merupakan keuntungan tersendiri karena walaupun sedikit peminat tapi kalian tetap mempunyai pelanggan loyal. Untuk situasi normal menggunakan cara seperti itu dirasa tepat. Tapi kalau dimasa pandemi?.

Blunder justru terjadi, tidak selamanya pelanggan kalian millitan. Ada kebutuhan  yang harus diprioritaskan, produk kalian tidak terlalu fital sehingga bisa dikesampingkan agar keuangan mereka tidak terganggu. 

4. Beradaptasi dengan perkembangan 

Hanya menunggu pelanggan datang tentu hasil yang didapat tidak akan maksimal. Terlebih dimusim penghujan, cuaca membuat seseorang enggan untuk keluar rumah. Maka dari itu seorang calon pebisnis wajib mengikuti perkembangan tekhnologi, caranya bisa dengan mendaftarkan outlet kalian ke grabfood maupun gofood.

Selain mempermudah dalam melayani pelanggan omset juga turut bertambah seiring pesanan datang. Tidak hanya itu, media sosial juga bisa kalian garap untuk memperkenalkan brand secara luas. 

5. Balik modal cepat

Carilah bisnis yang mempunyai perhitungan balik modal cepat. Mengapa demikian?, kembali lagi menyalahkan pandemi, kejutan tidak akan pernah kita tahu. Sehingga jika mempunyai kas yang stabil keberlangsungan bisnis tidak akan terganggu. Ibaratnya ada sebuah peraturan lockdown mendadak kita tetap merasa tenang karena masih mempunyai tabungan untuk mempertahankan bisnis. 

6. Menarik untuk diinvestasikan

Siapa juga yang tidak ingin bisnisnya berkembang?, jika dirasa dana belum cukup untuk membuka cabang salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menarik hati para investor ataupun mitra. Dan apabila poin 2-5 diatas terpenuhi maka  mereka tidak akan ragu untuk menanamkan modal kepada kalian.

Sekarang balik lagi ke pertanyaan bisnis kuliner apa yang menjanjikan di tahun 2021? Setelah melihata ke enam catatan diatas apakah kalian sudah mempunyai gambaran?. Belum menemukan pilihan?, baiklah kalau begitu saya berikan beberapa contoh usaha :

1. Makanan pokok ( ayam geprek, nasi padang, ricebowl, ayam bakar, dll) 

2. Jajanan (roti bakar, martabak, leker,  kebab, telur gulung, dll) 

3. Kuliner kekinian ( sei sapi, thai tea boba, mie level pedas, dll)

4. Kuliner sehat (salad buah, juice buah, catering sehat, susu murni boyolali, dll) 

5. Kuliner penjual tempat ( coffeshop, burjo/warmindo, caffedangan, dll) 

6. Makanan tradisional (bubur ayam, mie ayam bakso, sate ayam, nasi uduk, dll) 

Dari pada tidak mencoba sama sekali alangkah baiknya berani untuk melangkah. Toh dimusim pandemi nasib seorang pegawai rawan di PHK. Mulai rintis bisnis kuliner sedari sekarang, baik itu berjualan di emperan ruko maupun didepan rumah. Gengsi hanya membuat sengsara hidup dan perlu dingat zaman sudah berkembang dengan cepat!, tidak ada hal yang mustahil untuk dilakukan. Begitu.

Posting Komentar untuk "Punya ide bisnis kuliner menjanjikan di tahun 2021? Yakin bakal laris? "