Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

18 tempat wisata kuliner bebek goreng di Sukoharjo yang wajib kalian coba

Kalian rindu berwisata kuliner? Kapan terakhir kali kalian berburu masakan khas daerah?. 

Pandemi Covid-19 menyebabkan gerak masyarakat terbatas, tempat keramaian seringkali ditutup guna membatasi penularan wabah. Dalam setahun ini saya sendiri bahkan belum sempat berwisata. Perasaan khawatir dan depresi membayang dalam benak. 

Saya masih ingat, daerah objek wisata Tawangmangu merupakan tempat terakhir yang saya kunjungi. Cuaca sejuk dipegunungan sangat cocok digunakan sebagai tempat pelepas penat ditengah sibuknya beraktifitas. Karena dengan menghirup udara segar dapat membuat saya kembali merasa hidup. 

Waktu itu saya pergi berdua, disana kami  singgah ke salah satu cafe. Menu ubi ungu dan pisang goreng kami pilih untuk menemani perbincangan. Tak ketinggalan juga secangkir teh kemuning dan wedang uwuh kami pesan untuk menghangatkan suasana. Namun sayang, kembali mengulang momen kebersamaan dirasa mustahil. 

Tapi beruntungnya saya tinggal di Kecamatan Kartasura tepatnya berada di wilayah Kabupaten Sukoharjo. Entah dari arah Semarang ataupun Jogja jika ingin pergi ke Solo pastilah kalian melewati.  

Daerah Kartasura sendiri bisa dibilang termasuk salah satu surga kuliner di Jawa tengah. Disini terdapat banyak sekali tempat makan yang dapat kalian jadikan sebagai refrensi. Seperti tidak pernah tidur, dari mulai pagi sampai malam hari berbagai menu makanan tersedia. Sehingga dalam mencari kepuasan lidah saya tidak perlu berpergian jauh. 

Sebut saja menu menthok ataupun bebek goreng, jika kalian melintas disepanjang jln. Slamet riyadi Kartasura di kiri maupun kanan jalan akan terdapat banyak sekali tempat makan yang menyediakan. Daging bebek dimakan menggunakan sambal dan lalapan sudah cukup membuat saya betah untuk tidak berpergian. 

Apalagi dengan menu rica-rica menthok, bumbu rempah-rempah yang dimiliki menjadikan makanan ini sebagai primadona kecamatan Kartasura. Tiap hari terutama pada saat jam istirahat kantor di berbagai tempat makan berjejer kendaraan berplat luar daerah memadati parkiran. Jauh-jauh mereka datang hanya karena tergoda akan kelezatannya. 

Agar lebih mempermudah kalian berikut saya cantumkan daftar tempat makan yang menyediakan menu bebek di Kartasura :

1. Bebek goreng H. Slamet

Tangkapan layar
     
Bagi para pecinta kuliner tempat makan yang satu ini bisa dibilang sangat terkenal, karena di seluruh Indonesia telah berdiri banyak cabang. Slamet Raharjo selaku pemilik mulai merintis bisnis kuliner bebek goreng sejak tahun 1986. 

Sehingga dalam urusan rasa jangan ditanya, digoogle maps sendiri rating bintang 4.6 didapat. Para pelanggan merasa terpuaskan terhadap menu yang dihidangkan. 

Alamat : Jl. Sedahromo Lor RT.01/RW.07, Dusun III, Kartasura, Sukoharjo
Jam buka : 07.00 - 14.00 wib

2. Bebek & ayam goren Pak Ndut

Tangkapan layar

Bermula dari sebuah usaha keluarga, bebek goreng pak Ndut pada akhirnya berhasil melebarkan sayap. Di tahun 1997 beliau Sri Sabianti membuka warung makan didepan rumah. Nama pak Ndut sendiri terinspirasi dari sang suami yang mempunyai perawakan besar. 

Dan melalui tangan dingin dari sang anak sistem bisnis dibangunnya dengan kuat dan pada akhirnya merk dari bebek goreng pak Ndut berhasil dibesarkan. Terbukti dengan banyaknya peminat franchise di Indonesia. Jika smelewati kartasura wajib kalian singgah di bebek goreng pak ndut. 
 
Alamat : Jl. Slamet riyadi no 159, Kartasura, Sukoharjo. 
Jam buka : 08.00 - 20.30 wib

3. RM ayam goreng & ayam bakar bebek goreng "Pak Cipto"



Ayam goreng, ayam bakar & bebek bakar  pak Cipto termasuk salah satu tempat makan populer di Kartasura. Selain menu bebek, ayam goreng kremes menjadi andalan di tempat ini. Melihat review di google maps, pelayanan yang diberikan cukup terbilang memuaskan. Sehingga cocok digunakan sebagai tempat singgah dalam mencari makanan. 

Alamat : Jl. Slamet Riyadi No.237, Gempol, Ngadirejo, Kec. Kartasura, Kabupaten Sukoharjo.
Jam buka : 09.00-21.00 wib

4. Bebek & ayam goreng pak Kabul


Tangkapan layar

Suryadi selaku pemilik bebek & ayam goreng pak Kabul memulai bisnisnya pada tahun 2005, menu bebek goreng disertai sambal korek dijadikan andalan. Para pelanggan seringkali merasa ketagihan setelah mencoba. Gurih empuk dari daging bebek ditambah pedasnya sambal dapat menggugah selera. Jadi jangan sampai ketinggalan untuk mencoba.

Alamat : Jl. Slamet Riyadi No.237, Gempol, Ngadirejo, Kec. Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah 57164
Jam buka : 10.00 - 21.00 wib

5. Bebek & ayam goreng Sari asli


Mempunyai parkiran yang luas menjadi keunggulan tersendiri bagi sebuah tempat makan. Seperti halnya di Bebek & ayam goreng Sari Asli, bersama keluarga tercinta tempat ini cocok digunakan untuk bersantap ria. Tidak hanya satu tempat, disebrang jalan terdapat juga bangunan lain sehingga kapasitas pengunjung sebanyak apapun dapat tertampung tanpa rasa khawatir. Pelayanan cepat juga menjadi salah satu keunggulan. 

Alamat : Jl. Slamet Riyadi Gg. Pelem Batok No.116, Dusun IV, Kartasura, Kec. Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah 57169
Jam buka : 08.00 - 20.00 wib

6. Bebek & ayam kampung Pak Darsono


Tangkapan layar
    
Ayam kampung memang lebih digemari oleh kebanyakan masyarakat dibanding ayam potong biasa. Faktor rasa mempengaruhi pilihan, bagi yang ingin mencoba makan ayam kampung dan bebek goreng tempat makan ini juga direkomendasikan oleh kebanyakan pelanggan. 

Alamat : Jalan Slamet Riyadi No.173,Sedah Romo,Kartasura, Dusun IV, Kartasura, Kec. Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah 57162
Jam buka : 11.00 - 22.30 wib

7. Bebek & ayam goreng Taat (pak udin) 

Tangkapan layar
  
Berada sedikit masuk ke dalam gang tidak membuat bebek & ayam goreng Taat sepi peminat. Jika berkunjung kalian pasti mendapati antrian. Selain rasa enak, menawarkan harga terjangkau siapa juga yang tidak suka?. Terbukti dengan berdirinya cabang baru di jl. Brigjen Katamso (selatan kraton lawas Kartasura). 

Alamat : Jl. Slamet Riyadi No.71, Dusun II, Kartasura, Kec. Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah 57169
Jam buka : 08.00 -22.00 wib.

8. Rica-rica menthok pak yho


Rica - rica menthok berbumbu rempah-rempah herbal tentu tidak bisa kalian lewatkan jika berkunjung ke Kartasura. Di timur Kraton lawas Kartasura pak Yho membuka tempat makan di rumahnya. Cita rasa dari masakan terdengar sampai ke lura kota sehingga tiap hari mobil-mobil berjajar diparkiran. Seringkali sebelum waktunya tutup masakan telah habis terjual. Jadi untuk kalian jangan sampai terlewatkan mencoba. 

Alamat : Jl. Brigjen Katamso, Dusun IV, Kartasura, Kec. Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah 57169
Jam buka : 11.00 - 16.00 wib

9. My go back

Tangkapan layar


Menikmati menu bebek dengan konsep kekinian ada yang pernah coba?. Di Solo sendiri telah berdiri banyak cabang, mie sego bebek singkatan dari my go back sangat cocok dinikmat oleh kawula muda. Hemat dikantong menghapus stereotip mahal dari masakan berbahan dasar unggas. Jika belum pernah mencoba bisa kalian datangi bersama pasangan. 

Alamat : Jl. Brigjen katamso, demangan, ngemplak bothi, Kartasura, Sukoharjo. 
Jam buka : 11.00 - 19.30 wib

10. Rica-rica menthok mas mamad

Tangkapan layar

Lokasi tak selamanya mempengaruhi ramainya sebuah tempat makan. Terbukti dengan hadirnya rica-rica menthok mas mamad. Berada ditengah kampung tidak menyurutkan pembeli untuk mencari. Tidak membutuhkan waktu lama, ketika baru buka pembeli sudah memadati kursi didalam. 
Alamat : Wirorejan, Ngadirejo, Kec. Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah 57163
Jam buka   : 10.00 - 15.00 wib

11. Bebek dan ayam goreng mbak ita 

Tangkapan layar

 MDi google maps, tempat makan bebek yang satu ini mendapatkan ratting bintang 4.6, sedangkan untuk di aplikasi gojek customer ratting 4.3 diberikan oleh para pelanggan. Lokasi strategis disebrang masjid menjadikan bebek & ayam goreng mbak ita mudah dijumpai.

Alamat : Jl. Slamet Riyadi, Dusun IV, Kartasura, Kec. Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah 57169
Jam buka : 14.00 - 00 wib

12. Ayam & bebek goreng bu Laksono

Tangkapan layar

Ulasan di google maps pembeli banyak memberikan review positif terkait rasa, tempat bersih menjadi salah satu faktor kenyamanan bagi pengunjung. Jadi untuk kalian jangan ragu untuk datang mencoba ayam dan bebek goreng bu laksono

Alamat :Jl. Slamet Riyadi No.129, Dusun IV, Kartasura, Kec. Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah 57169
Jam buka : 08.00 - 21.00 wib

13. Bebek goreng dan ayam goreng bakar Mangga dua


Mempunyai rumah strategis dipinggir jalan raya sangat disayangkan jika tidak dimanfaatkan secara maksimal. Ambil contoh tempat makan bebek goreng dan ayam bakar goreng mangga dua. Jika berkenan merasakan masakan bebek bernuansa rumahan kenapa tidak datang kemari?. 

Alamat : Jl. Slamet Riyadi No.162, Kopen, Ngadirejo, Kec. Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah 57169
Jam buka : 10.00 - 23.00 wib

14. Bebek goreng & ayam goreng kalasan mbak iffa 

Tangkapan layar

Menu bebek didampingi dengan ayam goreng kalasan menjadikan tempat ini bisa dibilang spesial, karena masakannya sendiri dalam proses pembuatan menggunakan bumbu rempah-rempah dan air kelapa. Bagi yang bosan dengan ayam goreng biasa kalian silahkan datang ke alamat dibawah. 

Alamat : Jl. Wikarta, Ngabeyan, Singopuran, Kec. Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah 57165
Jam buka : 08.00 - 19.00 wib

15.  Ayam goreng, bebek goreng & ayam bakar pak Wahyu

Tangkapan layar

Berada di bagian Kartasura sebelah timur berdekatan dengan kota Solo memudahkan akses bagi kalian yang ingin bersantap siang ditengah waktu beristirahat. Sepulang kerja membeli untuk dimakan dirumah bersaa keluaga terbilang tepat. 

Alamat : Jl. Slamet Riyadi No.339, Dusun IV, Makamhaji, Kec. Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah 57161
Jam buka : 11.00 - 19.30

16. Bek goreng & ayam goreng mbak Yanti

Tangkapan layar

Jika mencari tempat makan nyaman, bebek goreng & ayam bakar mbak Yanti bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif. Untuk harga dan rasa seperti kebanyakan tempat makan di Kartasura. Tidak pernah mengecewakan. 

Alamat : Jalan Slamet Riyadi No.241 Somodinalan, Somodinatan, Ngadirejo, Kec. Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah 57169
Jam buka : 08.00 - 21.00 wib

17. Sop bebek bacok Kartasura

Tangkapan layar

Jika kalian bosan dengan hidangan kering dari masakan bebek, sop bebek Bacok Kartasura patut kalian coba. Gurih dan lezat pada kuah menambah kenikmatan saat kalian menggigit irisan daging. Untuk isiannya terbilang bervariasi tinggal sesuaikan dengan keinginan.  Jika penasaran jangan menunggu lama untuk singgah ke alamat di bawah. 

Alamat :Dusun IV, Pucangan, Kec. Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah 57168.

Jam buka : 09.00 - 21.00

18. Rica - rica menthok bu Sam

Tangkapan layar

Walaupun terlihat sederhana, rica - rica menthok bu Sam juga tak kalah dengan tempat makan lain. Selain mengenyangkan rasa puas tentu akan kalian dapat setelah berkunjung. Jadi 

Alamat : Jl. Slamet Riyadi No.113, Dusun IV, Kartasura, Kec. Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah 57169
Jam buka : 12.00 - 21.00 wib

Di kecamatan Kartasura tersimpan banyak sekali potensi bisnis kuliner apabila dikulik lebih jauh. Sehingga bagi saya untuk sekedar berwisata kuliner Kartasura sudah cukup membuat saya jatuh hati. Dari semula sekedar singgah pada akhirnya membawa rindu saat kembali ke kampung halaman. 

Dan apabila kalian mempunyai tambahan pandangan terkait artikel diatas silahkan cantumkan di kolom komentar. 
  

Posting Komentar untuk "18 tempat wisata kuliner bebek goreng di Sukoharjo yang wajib kalian coba"