Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Makanan viral di tahun 2020

Tahun 2020 bisa dibilang masa tersulit dalam hidup, ekosistem politik dan pandemi covid 19 menjadi sebab. Phk dimana-mana, banyak usaha mengalami gulung tikar. Tapi walaupun demikian ditengah duka terselib sebuah momen menghibur tak kala hadirnya sebuah berita viral terkait dunia kuliner di tanah air.


Disaat yang lain mengalami krisis, para pebisnis kuliner ini dapat meraup untung dari hasil memanfaatkan peluang. Mengikuti trend membuka jalur rezeki bagi sebagian orang, media sosial tentu mendongkrak naiknya  pamor sebuah makanan. Seperti mendapatkan durian runtuh, sang tokoh pembuat viral juga terseret namanya menjadi terkenal. Sampai-sampai ada salah seorang diundang ke stasiun tv swasta.

Untuk urusan perut, siapa juga yang tidak tertarik?. Di tahun 2020 kalian sudah pernah mencoba kuliner apa saja? 

1. Dalgona coffe

Dalgona coffe merupakan minuman dengan paduan susu yang dituangkan kopi kocok diatasnya. Rasa manis berbalut pahit dari kopi memberikan suasana nostalgia tempo dulu, dimana negara Korea menjadi cikal bakal lahirnya minuman tersebut. Bermula viral di tiktok dan merambah ke media sosial lain membuat para konten creator tidak mau ketinggalan dalam huforia. Alhasil secara singkat dalgona coffe melambung namanya sampai di Indonesia pada tahun 2020.

2. Odading mang oleh

"Odading mang oleh, rasanya seperti anda menjadi ironman".  Kalimat tersebut sempat viral dipertengahan tahun 2020, ade londok selaku orang dalam video mendadak terkenal sampai-sampai diundang untuk mengisi acara dibeberapa stasiun televisi. Walaupun sempat dihujat netizen, karena jasa beliau makanan odading kaki lima semakin digemari banyak orang.

3. Klepon islami

Agama seringkali dijadikan sebagai bahan politik dan bisnis. Karena terlalu sensitif beberapa waktu yang lalu sampai menjadi perdebatan ketika muncul makanan klepon tidak islami. 

Padahal dalam proses pembuatannya menggunakan bahan yang halal, dimedia sosial sendiri sang pengunggah mengalami banjir hujatan. Andaikata bijak dalam berbisis cara marketing seperti itu tidak perlu digunakan karena dapat mengganggu keharmonisan dalam bermasyarakat.

4. Korean garlic bread

Kuliner street food tidak akan pernah sepi peminat, disamping karena harga yang terjangkau citarasanya sendiri terbilang menggoda. Pada tiap daerah mempunyai ciri khas masing-masing, kita ambil contoh Korean garlic bread. Dari namanya sudah dapat disimpulkan bahwa makanan ini berasal dari negeri ginseng. 

Perpaduan bawang putih dan creeam cheese mebuat roti terasa gurih. Sekali gigit mulut seakan enggan untuk berhenti mengunyah, rasa lapar akan terbayarkan seusai menyantab.  Pantas saja di Indonesia pada tahun 2020 banyak orang tergila-gila.

5. Roti kukus srikaya

Roti kukus srikaya berasal dari Singkawang Kalimantan barat, Mulai tenar di Pontianak kini merambah ke daerah lain di Indonesia. Untuk cara pembuatannya terbilang mudah, cukup gunakan roti tawar diisi dengan toping selai srikaya. Kemudian sajikan sesuai selera, dari di kukus digoreng sampai dengan di bakar bisa kalian pilih untuk dibawa pulang.

6. All you can eat

Dengan adanya lockdown selama tahun 2020 banyak sekali aktifitas yang terhalang, mengunjungi restoran all you can eat dirindukan oleh setiap kalangan. Maka dari itu ditengah keterbatasan gerak banyak sekali pebisnis kuliner menawarkan kepada customer paket all you can eat yang berisikan sliced beef untuk dibawa pulang.

Tujuannya agar saat berkumpul dengan keluarga di rumah produk dari mereka dapat dijadikan sebagai teman pendamping kebahagiaan. Dan kalian tahu sendiri, respon di masyarakat tentu sangat antusias. 

Selain keenam kuliner diatas sebenarnya di tiap daerah juga terdapat makanan-makanan viral lain di tahun 2020, tapi karena terbatasnya imajinasi penulis lebih memilih mencantumkan makanan yang terkenal dan bersifat menyeluruh di Indonesia.

Di tahun 2021 apakah ke enam makanan diatas masih mampu mempertahankan eksistensinya?. Menurut kalian bagaiamana?.

 

Posting Komentar untuk "6 Makanan viral di tahun 2020"